Cara Menghitung Persen Dengan Microsoft Excel

Bagaimana cara menghitung persen dengan memakai microsoft excel? Atau malah memakai kalkulator manual untuk memilih sebuah prosentase atau persentase? Kalau masih belum bisa menghitung persen dengan memakai excel atau bahkan menghitungnya masih memakai kalkulator, berarti masih amat ketinggalan. Karena menghitungnya dengan memakai microsoft excel sangat mudah, gampang, akurat, sehingga akan sangat membantu pekerjaan menjadi lebih cepat dan efisien.

Nah, dalam kesempatan kali ini, Blog Belajar Word dan Excel akan mengulas tips excel tersebut. Sehingga nantinya kita akan bisa melaksanakan penghitungan persentase pribadi di lembar kerja microsoft excel.

Persentase (sering disebut juga sebagai prosentase) merupakan sebuah nilai atau perbandingan (rasio) untuk menyatakan potongan dari seratus. Persentase sering juga disebut perseratus dengan memakai tanda (simbol) "%".


Untuk mendapat sebuah angka persentase anda dipakai rumus "nilai" dibagi "total nilai keseluruhan" dikali "100%". Sebagai contoh, Sebagai contoh, 4 orang perempuan berangkat ke pasar, 3 dari mereka naik sepeda motor, dan 1 orang naik mobil. Persentase perempuan yang naik sepeda motor ialah 3 dari 4 = 3/4x100% = 300/4 = 75%. Sementara persentase perempuan yang naik kendaraan beroda empat ialah 1 dari 4 = 1/4x100% = 100/4 = 25%.

Cara Menentukan Persentase dengan Microsoft Excel

Dengan memakai software microsoft excel, kita bisa memilih persentase dengan cepat dan mudah. Perhatikan video tutorial berikut ini :


Dalam video tersebut diambil dua contoh. Yang pertama adalah Zahra mempunyai 9 bola. 4 bola diantaranya sudah laris terjual. Dan kita akan memilih berapa persenkah bola Zahrah yang sudah terjual.

Sedangkan pada tumpuan yang kedua agak lebih komplek. Ibu Tati membeli pisang seharga Rp 75.000. Pisang tersebut dijual kembali oleh ibu Tati seharga Rp 100.000. Berapa persen laba yang didapatkan ibu Tati?

0 Response to "Cara Menghitung Persen Dengan Microsoft Excel"

Posting Komentar