Pengertian Ms Excel Dan Fungsinya

Jika mendengar perihal Excel tentunya akan terbayang aneka macam macam angka dan rumus-rumus yang terlihat rumit. Dalam Ms Office, Excel merupakan aplikasi yang dipakai untuk membantu pekerjaan yang bekerjasama dengan berhitung dan biasanya untuk menghitung data dalam jumlah yang sangat banyak. Selain itu excel juga sanggup dipakai untuk memasukkan nilai dan memilih rata-ratanya sekaligus. Dengan memakai excel, bila ingin menciptakan grafik akan lebih gampang dengan hasil yang akurat.

Seperti pada sebagian besar kegiatan Ms Office yang mempunyai aneka macam macam menu. Ms Excel juga mempunyai hidangan pilihan dengan fungsi masing-masing. Ada Clipboard, Font, Alignment, Numbers, Styles, Cells dan Editing dan semuanya sanggup dipakai sesuai dengan kabutuhan pengguna.  

 tentunya akan terbayang aneka macam macam angka dan rumus Pengertian Ms Excel dan Fungsinya

Bagi pemula yang gres saja mengenal Excel tentunya harus mengetahui beberapa komponen yang terdapat di dalamnya yakni sebagai berikut.

1. Row heading

Row heading biasa disebut dengan kepala garis, merupakan bab yang berkhasiat untuk menawarkan lokasi baris yang sedang dikerjakan. Jumlah baris yang terdapat di excel sebanyak 65.536 baris. Letaknya di bab kiri yang berupa goresan pena angka-angka dari angka 1 hingga seterusnya.

 tentunya akan terbayang aneka macam macam angka dan rumus Pengertian Ms Excel dan Fungsinya

2. Column heading

Sama ibarat row heading, bab ini juga berfungsi sebagai penunjuk lembar kerja yang berupa abjad A hingga Z. Setelah hingga pada kolom Z, pengguna akan menjumpai kolom AA, AB, hingga dengan AZ dan BA, BB hingga BZ dan seterusnya hingga jumlah terakhir kolom ke 256.

 tentunya akan terbayang aneka macam macam angka dan rumus Pengertian Ms Excel dan Fungsinya

3. Cell pointer

Merupakan fungsi yang berkhasiat untuk menawarkan cell yang aktif. Misalkan yang aktif yaitu B2, maka cell pointer akan terletak di cell tersebut.

 tentunya akan terbayang aneka macam macam angka dan rumus Pengertian Ms Excel dan Fungsinya

4. Formula bar     
 
Tempat untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan dipakai dalam perhitungan dan terletak di bawah hidangan bar.

Mengenal Rumus di Excel

Rumus merupakan bab terpenting pada aplikasi Ms Excel, bila salah dalam penulisan rumus maka data tidak akan selesai dengan sempurna. Berikut ini beberapa lambang yang dipakai dalam penulisan rumus.

= dipakai hampir pada setiap awal penulisan rumus.
+ untuk menambahkan.
- untuk mengurangkan.
* untuk mengalikan.
/ untuk membagi.
SUM untuk menjumlahkan data.
AVERAGE dan COUNT untuk memilih jumlah rata-rata.
MIN dan Max untuk memilih jumlah nilai terkecil dan terbesar.

Header dan Footer

Sama halya pada aplikasi Ms Word, pengguna Ms Excel juga sanggup menambahkan header dan footer bila perlu. Caranya pilih hidangan Insert pilih Header Footer, sehabis itu lembar kerja pengguna akan mempunyai tampilan ibarat ini.

 tentunya akan terbayang aneka macam macam angka dan rumus Pengertian Ms Excel dan Fungsinya

Itulah klarifikasi pengertian dan beberapa item penting yang terdapat dalam aplikasi Ms Excel dengan fungsinya masing-masing. Semoga sanggup bermanfaat khususnya bagi pengguna aplikasi Ms Excel yang masih pemula. 

0 Response to "Pengertian Ms Excel Dan Fungsinya"

Posting Komentar