Fungsi Sum, Average, Max, Min Dan Count Dalam Microsoft Excel
Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN DAN COUNT dalam Microsoft Excel.
Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN DAN COUNT ialah sebuah fungsi dalam Microsoft Excel yang paling sering digunakan. Fungsi ini karakternya sangat sederhana akan tetapi sangat mempunyai kegunaan dalam Kehidupan sehari hari kita. Berikut ialah Penjelasan dan cara penulisan Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN, DAN COUNT dalam Microsoft Excel.SUM
Fungsi ini artinya ialah menjumlahkan, jadi fungsi Sum dalam Microsoft Excel digunakan untuk menjumlahkan isi data berupa angka dalam range tertentu penulisannya. Penulisan FUNGSI SUM dalam Microsoft Excel ialah =SUM ( Cell awal :Cell Akhir ), maksudnya kita disini akan menjumlahkan Cell dari cell awal ke cell akhir. Untuk lebih memahami perhatikan gambar dibawah ini.
Kita gunakan Fungsi SUM untuk menghitung Total Nilai. Maka kita akan menjumlah Cell dari B2 hingga ke B11, sehingga Penulisan Fungsi Sum dalam Microsoft Excel ialah sebagai berikut.
= SUM ( B2 : B11)
Kemudian Tekan Enter. Itulah gunanya Fungsi Sum Dalam Microsoft Excel
AVERAGE
Fungsi Average dalam Microsoft Excel adalah sebuah Fungsi yang dipakai untuk mencari rata rata dari suatu range tertentu. Penulisan fungsi Average dalam Microsoft Excel ialah sebagai berikut = Average ( cell pertama : cell terakhir). Untuk lebih memahami perhatikan gambar dibawah ini.
Misalnya saja kita akan mengisi rata rata. Maka kita sanggup memakai fungsi Average, berarti untuk mengisi rata rata tersebut kita gunakan B2 sebagai cell pertama lalu B9 sebagai cell terakhir.
= Average ( B2:B11)
Setetalah penulisannya benar lalu tekan enter.
MAX
Fungsi Max dalam Microsoft Excel digunakan untuk mencari data tertinggi dari suatu range. Fungsi Max ini dipakai untuk mencari nilai tertingi dalam suatu kelas. Penulisan Fungsi Max dalam Microsoft excel adalah sebagai berikut. =MAX ( CELL RANGE PERTAMA : CELL RANGE TERAKHIR )
Pada gambar diatas kita sanggup mencari nilai tertinggi dengan memakai fungsi Max dalam Microsoft Excel, caranya Pada gambar diatas Range nilai tertinggi ialah antara B2 hingga B11. Sehingga Penulisan Fungsi tersebut ialah sebagai berikut.
= Max ( B2 : B11)
Setelah menuslih fungsi max dengan benar, setelahnya ialah menekan enter.
MIN
Fungsi Min dalam Microsoft Excel adalah kebalikan dari Fungsi Max, fungsi ini dipakai untuk mencari data terendah dari suatu range. Penulisan fungsi Min dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut. =MIN ( CELL RANGE PERTAMA : CELL RANGE TERAKHIR )
= Min ( B2 : B11)
Setelah memahami fungsi SUM, AVERAGE, MIN, dan MAX dalam Microsoft Excel. Anda membutuhkan sebuah latihan untuk menciptakan anda lebih paham. Berikut ini ialah latihan fungsi SUM, AVERAGE, MIN dan MAX dalam Microsoft Excel. Fungsi ini sering sekali dipakai untuk merekap nilai siswa. Kerjakan soal dibawah ini dengan memakai pinjaman Fungsi SUM, AVERAGE,MIN, MAX
Berikut Petunjuk pengisiannnya
Untuk Kolom jumlah tepatnya pada Cell E3 isilah dengan memakai rumus = SUM (B3:D4) Kemudian tekan Enter sehabis itu Drag ke bawah.
Untuk Kolom tertinggi gunakan Nilai Max, missal untuk Cell B13 gunakan rumus ibarat ini =Max ( B3:B12) lalu tekan Enter, Drag lah cell tersebut untuk mengisi Cell sebalahnya.
Untuk Mengisi Cell Nilai Terendah juga gunakan fungsi MIN, rata rata gunakan Fungsi Average jumlah memakai fungsi SUM. Sehingga nanti alhasil akan ibarat pada gambar dibawah ini.
0 Response to "Fungsi Sum, Average, Max, Min Dan Count Dalam Microsoft Excel"
Posting Komentar